Mahabakti

Mahabakti merupakan kegiatan perkemahan sekaligus penlantikan. Sebenarnya kegiatan ini tidak jauh beda dengan kegiatan perkemahan lainnya. Dalam kegiatan mahabakti ini perserta akan dilantik pada saat acara PTA yang biasanya diselenggarakan pada malam pertama di bumi perkemahan. Lalu pada hari-hari selanjutnya kegiatan hanya berisikan lomba-lomba dan jelajah alam dan di akhiri dengan penutupan.

Mahabakti tahun ini diselenggarakan di Dodiklatpur yang berlokasikan di klaten jawa tengah. Peserta tidak berangkat secara individu,melainkan mereka berkumpul di sekolah dahulu untuk melakukan cek in dan lalu mereka akan berangkat ke BUPER setelah apel pembukaan mahabakti. Pada hari-hari sebelumnya peserta wajib mengumpulkan barang bawaanya agar tidak memberatkan mereka saat menuju ke BUPER.

Saat peserta telah sampai menuju BUPER, mereka tidak langsung memasang tenda tetapi peserta akan diajak untuk berkeliling sambil mencari pos-pos yang telah dibuat oleh para panitia. Di pos-pos ini peserta akan ditanyai/diuji mengenai materi-materi kepramukaan yang pernah disampaikan kepada para peserta saat kegiatan kepramukaan disekolah.

Saat sudah sampai di BUPER peserta harus segera mendirikan tenda. Setelah para peserta selesai mendirikan tenda peserta wajib mengikuti lomba-lomba dan apel yang diselenggarakan pada hari itu. Pada malam harinya perserta wajib untung mengikuti PTA atau bisa disebut juga Penerimaan Tamu Ambalan yang selanjutnya diikuti acara pelantikan.

Pada hari kedua hanya akan diisi acara yang terdiri dari lomba-lomba dan jelajah alam. Lomba-lomba tersebut terdiri dari lomba ASTER(asah terampil),futsal,tarik tambang,dan lain sebagainya. Pada hari ketiga tepatnya pada malam hari akan diselenggarakan upacara api unggun. Acara api unggun ini merupakan acara utama dari mahabakti. Di acara api unggun ini akan diikuti lomba-lomba yang terdiri dari fasion show,dan final FKR (Festival Kesenian Rakyat). Setelah semua acara selesai peserta diperbolehkan untuk istirahat sampai subuh.

Pada hari keempat sudah tidak ada lomba-lomba lagi melainkan hanya ada apel penutup yang dilaksanakan di BUPER. Sebelum apel penutup dimulai peserta merubuhkan tenda masing-masing dan membersihkan sampah-sampah yang ada dilingkungan sekitar. Setelah itu seluruh peserta menuju ke sekolah untung mengambil barang bawaan mereka yan sudah dibawakan oleh truk lalu diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing.



Penulis : Ajie Kusuma Wardhana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mahabakti ini dipublish oleh Ajie Kusuma Wardhana pada hari Thursday, April 26, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mahabakti
 

0 comments:

Post a Comment