Perlukah Ujian Nasional itu?

Perlukah Ujian Nasional menurut kalian?. Apakah dengan Ujian Nasional ini mutu dari pelajar-pelajar negara kita akan berkembang?. Bagiku, tak akan. Karena dalam penyelenggaraan Ujian Nasional ini masih terjadi banyak kecurangan-kecurangan yang terjadi di dalamnya & tidak mementingkan proses belajar, dan ilmu-ilmu yang didapat oleh para pelajar. Bahkan kecurangan itu ada yang bersumber dari guru-guru mereka sendiri. Apakah pantas mereka untuk disebut sebagai guru bila seperti ini?

Mari kita kilas balik pada Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2011 lalu yang tepatnya di Surabaya, SDN 2 Gadel. Terjadi kecurangan secara besar-besaran disana yang melibatkan salah seorang murid yang pandai sebut saja X dimana dia mengerjakan soal-soal tersebut lalu didistribusikan pada murid-murid lainnya. Parahnya lagi dia dipaksa untuk melakukan hal tersebut oleh gurunya. Bahkan menurut berita, SDN tersebut sempat mengadakan "gladi bersih".

Jika seperti itu pantaskah orang yang memaksa X disebut sebagai guru?. Sejak kapan ada guru yang mengajari hal yang negatif terhadap muridnya?. Jika seperti ini terus sebaiknya Ujian Nasional tidak usah diadakan saja. Aku pernah mewawancarai salah seorang siswi SMA yang sudah menempuh Ujian Nasional tahun 2012 ini. Katanya Ujian Nasional Tahun ini lebih sulit dibandingkan dengan ujian tahun lalu. Dan saat aku mulai menanyai tentang pentingkah Ujian Nasional ini dia sependapat dengan saya dengan alasan karena Ujian Nasional tidak digunakan sebagai alat untuk mendaftarkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi. Tetapi, ada beberapa temannya yang menganggap Ujian Nasional ini penting karena dapat menjadi tolak ukur mereka selama belajar 3 tahun.

Dan banyak juga siswa-siswi yang mendapat banyak tekanan saat akan menempuh ujian tersebut. Mereka mengaku sangat tertekan karena mereka dituntut untuk mendapatkan nilai ujian yang baik bagaimana pun caranya. Dan mereka juga bilang selama satu tahun penuh guru bukannya mengajarkan pelajaran-pelajarang yang asing bagi mereka tetapi, para guru hanya mengajarkan bagaimana cara mengerjakan soal-soal Ujian Nasional tersebut. Padahal masa depan kita tidak bergantung pada secarik kertas ujian bukan?

Hal ini sebaiknya banyak diperhatikan oleh guru-guru karena murid-murid sekarang kebanyakan malah mengejar nilai disekolah mereka dibanding untuk menggali ilmu mereka lebih dalam. Orang bijak berkata "Carilah ilmu sampai negeri Cina" bukannya "Carilah nilai sampai negeri Cina". Jika seperti ini terus lebih baik Ujian Nasional tidak usah diadakan saja karena hanya akan merusak pribadi anak-anak bangsa kita.




Penulis : Ajie Kusuma Wardhana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Perlukah Ujian Nasional itu? ini dipublish oleh Ajie Kusuma Wardhana pada hari Saturday, May 5, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Perlukah Ujian Nasional itu?
 

0 comments:

Post a Comment